PIVOT TABEL IN EXCEL

Nama    : Sherly Carissa

Kelas     : XII Tel 4

Absen    : 31


A. Definisi Pivot Tabel

    Pivot Table adalah fitur Microsoft Excel yang paling powerful memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Pivot Table dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait terkait mengelompokkan dan meringkas data.

    Pivot table berupa tabel interaktif yang mampu menampilkan ringkasan dari suatu data berjumlah besar. Artinya, fitur ini dapat mengkalkulasi setiap item yang ditampilkan. Pivot table dapat melakukan kalkulasi berbentuk data, mengubahnya menjadi pivot chart, memindahkan field ke lokasi yang berbeda, dan masih banyak lagi.


B. Tombol Pivot Tabel Pada Ms Excel

Tombol perintah Pivot Table terletak pada ribbon Insert tepatnya pada grup perintah Tables

C. Fungsi Pivot Tabel

    Pivot Table berfungsi untuk membuat suatu data menjadi lebih ringkas saat disajikan, tentunya dengan berdasar pada parameter yang diberikan sesuai kebutuhan data.

D. Contoh Penggunaan Pivot Tabel


Menu Pivot Table


Hasil dari Pivot Table




E. Video Tutorial Cara Menggunakan Pivot Tabel


Komentar